1. Sidang
pertama PGRI dilakukan pada tanggal
a.
25 November 1945
|
c. 28 Oktober 1945
|
b. 17 Agustus 1945
|
d. 18 Februari 1945
|
2. Apa
nama sekolah yang didirikan di bukit tinggi oleh jepang?
a.
Joo Kyuu Sihan Gakko
|
c. Kweek School
|
b. Inlands School
|
|
3. Kolonial
Belanda berada di Indonesia selama
a.
1 Abad
|
c. 3,5 Abad
|
b. 2,5 Abad
|
d. 4 Abad
|
4. Penyebab
jatuhnya pemerintah Belanda dalam menguasai Indonesia adalah
a.
Kurangnya persediaan makanan dan senjata
|
b. Ketakutan tentara Belanda oleh
Indonesia
|
c. Kurangnya semangat berperang dan
kesalahan dalam menjalankan politiknya
|
d. Persatuan tentara Belanda sangat
kokoh
|
5. Alasan
rakyat Indonesia kecewa terhadap pemerintah colonial yaitu
a.
Pemerintah kolonial sangat diskriminatif dan memecah belah
|
b. Pemerintah kolonial begitu ramah
dan sopan
|
c. Belanda berinteraksi baik dengan
Indonesia
|
d. Belanda menjunjung tinggi
Indonesia
|
6. Pemimpin
perserikatan guru yang pertama di Jakarta pada saat pemerintahan jepang ialah
a.
Amien Raiz
|
c. Suroto
|
b. Ahmad Soebardjo
|
d. Amin Singgih
|
7. Organisasi
pemuda Indonesia bentukan jepang yang mendapatkan latihan militer ialah
a.
Keibodan
|
c. Fuzinkai
|
b. Seinendan
|
d. P E T A
|
8. Guru
mendapat panggilan kehormatan dari orang jepang dengan sebutan
a.
Sen sei
|
c. Kha hut sein
|
b. Ka Ming Chai
|
d. Sihan Gakkoo
|
9. Dampak
negatif yang timbul akibat pemerintah kolonial terhadap rakyak Indonesia
yaitu
a.
Indonesia semakin kuat dalam persatuannya
|
b. Indonesia tampak maju
|
c. Kemiskinan, kelaparan, dan
penderitaan semakin merajalela
|
d. Rakyat Indonesia menjadi
berwibawa
|
10. Pemerintah
jepang membuka sekolah menengah pertama dan atas seperti Sihan Gakkoo dan Kasei
So Gakkoo pada tahun
a.
1949
|
c. 1942
|
b. 1945
|
d. 1969
|
11. Tujuan
bangsa Belanda memecah belah antar golongan rakyat Indonesia adalah
a.
Ingin bersatu dengan Indonesia
|
b. Ingin menguasai Indonesia
sepenuhnya
|
c. Ingin membantu rakyat Indonesia
|
d. Bekerjasama dalam bertukar
pikiran
|
12. Hal
yang terjadi apabila terdapat perbedaan yang dilakukan oleh orang Belanda
terhadap rakyat Indonesia ialah
a.
Mencapai mufakat dalam bekerjasama
|
b. Menimbulkan pertentangan antar
golongan
|
c. Pemerintah Belanda dan Indonesia
semakin kokoh
|
d. Mencapai persatuan yang adil dan makmur
|
13. Pengaruh
pemerintah Jepang terhadap rakyat saat Jepang menduduki Indonesia adalah
a.
Indonesia semakin maju dalam pemerintahannya
|
b. Rakyat Indonesia bersatu dengan
Jepang
|
c. Rakyat Indonesia tidak tunduk
kepada Jepang
|
d. Kemajuan pendidikan sangat pesat
|
14. Apakah
tekad bangsa Indonesia atas penjajahan
a.
Merebut kekuasaan pemerintah dari tangan penjajah
|
b. Membiarkan penjajah berkeliaran
di Indonesia
|
c. Bersatu dengan penjajah agar
lebih maju
|
d. Mempertahankan persahabatan
dengan penjajah
|
15. Bangsa
Indonesia bangkit serentak merebut dan menegakkan kemerdekaan untuk mewujudkan
tujuannya yaitu
a.
Demi tegaknya kemerdekaan
|
b. Demi tegaknya persahabatan
|
c. Demi tegaknya kesejahteraan
|
d. Demi tegaknya kebutuhan negara
|
16. Persatuan
Guru Seluruh Indonesia ( PGSI ) dipimpin oleh
a.
Baroja
|
c. Rh. Koesnan
|
b. Siswowardojo
|
d. Moch. Hoesodo
|
17. Prinsip
Rh. Koesnan dalam membentuk persatuan guru ialah
a.
Diwajibkan individualisme
|
b. Tidak memandang latar belakang
pendidikan, agama dan asal usul
|
c. Harus selalu benar dalam segala
tindakan
|
d. Mempunyai asal usul yang
berwibawa
|
18. Kongres
PGSI pimpinan Rh. Koesnan dilaksanakan di
a.
Jakarta
|
c. Surabaya
|
b. Solo
|
d. Surakarta
|
19. Panitia
kongres PGSI diketuai oleh
a.
Moh. Hatta
|
c. Subardjo
|
b. Soekarno
|
d. Soeparno
|
20. Tugas
pasukan sekutu saat datang ke Indonesia ialah
a.
Melindungi tawanan perang dan melucuti senjata tentara Jepang
|
b. Melindungi tentara-tentara Sekutu
|
c. Memecah belah rakyat Indonesia
|
d. Bergabung bersama Negara
Indonesia
|
21. Tekad
kaum guru Indonesia untuk berjuang mempertahankan Kemerdekaan diwujudkan dalam
lahirnya
a.
Nasakom
|
c. PETA
|
b. PGRI
|
d. Pancasila
|
22. Kongres
PGRI II dilaksanakan pada tahun berapa dan dimana
a.
1945 di Bali
|
c. 1946 di Surakarta
|
b. 1940 di Aceh
|
d. 1947 di
Yogyakarta
|
23. Pasukan
Sekutu datang ke Indonesia dan menjalankan tugasnya dibantu oleh
a.
Jepang
|
b. Inggris
|
c. Belanda
|
d. Portugis
|
24. Kongres
PGRI pada tahun 1948 di Madiun merupakan kongres ke
a.
I
|
b. II
|
c. III
|
d. IV
|
25. Politik
yang dilakukan oleh kolonial Belanda dalam memecah belah bangsa Indonesia yaitu
a.
Devide et Impera
|
c. Tunggal
|
b. Propaganda
|
d. Adu domba
|
26. Pemberontakan
PKI di dalangi oleh
a.
Soebagjo
|
b. Rh. Koesnan
|
c. NICA
|
d. Muso
|
27. Salah
satu garis haluan dan sifat perjuangan ialah
a.
Menjadi Negara yang berwibawa
|
b. Mementingkan kepentingan
individualisme
|
c. Mempertahankan NKRI
|
d. Berhubungan baik dengan Luar
Negeri
|
28. Sejak
kapan PGRI mengadakan hubungan dengan Organisasi Guru di Luar Negeri
a.
1945
|
b. 1946
|
c. 1947
|
d. 1948
|
29. Banyak
organisasi guru luar negeri yang menyampaikan pesan pada kongres PGRI ke
a.
XVIII
|
b. XII
|
c. XVI
|
d. XI
|
30. Perhatikan
pernyataan berikut ini :
1.
PPSTA 3.
CTF
2.
NEA 4.
FAO
Yang
berperan ikut serta dalam menyampaikan pesan dalam organisasi guru luar negeri
adalah
a.
1, 2 dan 3
|
c. 1, 2 dan 4
|
b. 2, 3 dan 4
|
d. 1, 3 dan 4
|
31. Berapa
organisasikah yang menyampaikan pesan dan ucapan Selamat kepada kongres XVIII
PGRI
a.
20 organisasi
|
c. 31 organisasi
|
b. 25 organisasi
|
d. 60 organisasi
|
32. Organisasi
persatuan didirikan atas kesadaran kaum
a.
Kaum Penjajah
|
c. Kaum Priyayi
|
b. Kaum daerah
|
d. Kaum Terkenal
|
33. Perubahan
nama Persatuan Guru Hindia Belanda menjadi Persatuan Guru Indonesia merupakan
sikap Indonesia yang
a.
Menghormati kolonial Belanda
|
b. Ingin bekerjasama dengan Belanda
|
c. Ingin mencari kekuatan perjuangan
yang baru
|
d. Menentang Pemerintah Belanda
|
34. Indonesia
dijajah oleh Jepang pada tahun
a.
1939
|
b. 1940
|
c. 1941
|
d. 1942
|
35. Jepang
datang ke Indonesia dan diterima baik oleh bangsa Indonesia karena mengaku
bahwa
a.
Jepang saudara tua bangsa Indonesia
|
b. Jepang pemimpin seluruh dunia
|
c. Jepang keberuntungan Indonesia
|
d. Jepang menjunjung tinggi
Indonesia
|
36. Jatidiri
lembaga PGRI yang disahkan PB PGRI pada tanggal
a.
1 April 1991
|
c. 18 Agustus 1945
|
b. 2 Maret 1991
|
d. 19 Agustus 1945
|
37. Identitas,
cirri khas dan acuan semua lembaga pendidikan PGRI disebut
a.
HAM
|
c. Ideologi
|
b. Jati Diri
|
d. Jabatan
|
38. Selama
revolusi berkecamuk tahun 1945 – 1946 Kum guru bertugas dwifungsi. Apa maksud
dwifungsi?
a.
Mematuhi aturan Negara
|
b. Menjadi guru dan anggota tentara
|
c. Mempertahankan kekuasaan Negara
dan kepentingan sendiri
|
d. Menjadi teladan Bangsa
|
39. Organisasi
Budi Utomo didirikan pada tanggal
a.
17 Agustus 1945
|
c. 20 Mei 1908
|
b. 14 Februari 1945
|
d. 10 Juni 1908
|
40. Pendiri
organisasi Budi Utomo ialah
a.
Soekarno
|
c. Dr. Sutomo
|
b. Dr. Radjiman
|
d. Soeharto
|
41. Organisasi
Persatuan Guru Hindia Belanda ( PGHB ) didirikan pada tahun
a.
1901
|
b. 1908
|
c. 1945
|
d. 1912
|
42. Ketua
dari organisasi PGHB adalah
a.
Ahmad Soebardjo
|
c. Bj. Habibie
|
b. Bung Karno
|
d. Karto Soebroto
|
43. Bangsa
Indonesia dapat memproklamasikan kemerdekaannya saat..
a.
Jepang bertekuk lutut kepada Sekutu
|
b. Jepang menyerah kepada Indonesia
|
c. Jepang tidak dapat menjalankan
pemerintahannya
|
d. Jepang kekurangan senjata perang
|
44. Peristiwa
pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945 disebut sebagai peristiwa
a.
Hari Kemerdekaan
|
c. Hari Keamanan
|
b. Hari Pahlawan
|
d. Hari
Kesejahteraan
|
45. Sidang
PGRI pada kongres III di Madiun menghasilkan suatu majalah yang dapat
melancarkan Komunikasi Pusat dengan PGRI yang disebut majalah
a.
Suara Merdeka
|
c. Harian Merdeka
|
b. Guru Sasana
|
d. Jawa Pos
|
46. Perhatikan
pernyataan berikut ini :
1.
Negara Indonesia Timur 3. Negara Putri Yogja
2.
Negara solo 4. Negara Pasundan
Yang
termasuk Negara-negara Boneka Belanda adalah :
a.
1 dan 2
|
b. 1 dan 3
|
c. 1 dan 4
|
d. 2 dan 3
|
47. Perjanjian
Linggarjati diadakan pada tanggal
a.
25 Maret 1930
|
c. 25 Maret 1947
|
b. 25 Maret 1938
|
d. 25 Maret 1940
|
48. Perhatikan
pernyataan berikut ini :
1.
Sikap Nasionalisme
2.
Demokrasi
3.
Individualisme
4.
Kekeluargaan
Yang
termasuk sikap perilaku dari jati diri PGRI adalah
a.
1, 2 dan 3
|
c. 2, 4 dan 5
|
b. 2, 3 dan 4
|
d. 1, 2 dan 4
|
49. Tokoh
Menteri Pengajaran pada saat pembentukan Kabinet Syahrir ke III atas usul PGRI
/ PB PGRI ialah
a.
R. Soewandi
|
c. Pangeran Diponegoro
|
b. R. A. Kartini
|
d. Soeharto
|
50. Isi
dari UU RI Nomor 2 tahun 1989 ialah
a.
Tentang Agama
|
c. Sistem Keadilan
|
b. Sistem
Pendidikan Nasional
|
d. Tentang HAM
|
51. Kongres
PGRI ke IV dilaksanakan di….
a.
Solo
|
b. Yogyakarta
|
c. Surabaya
|
d. Madura
|
52. Secara
De Facto wilayah NKRI terdiri dari
a.
Jabar, Jatim, Jateng
|
c. Papua, Bandung, Jakarta
|
b. Kalimantan,
Sulawesi
|
d. Sumatera, Jawa,
Madura
|
53. Perjanjian
Renville dilaksanakan pada …
a.
1 Januari 1948
|
c. 17 Januari 1948
|
b. 10 Januari 1948
|
d. 14 Januari 1948
|
54. Pada
tanggal 27 Desember 1949 Belanda mengakui bahwa ….
a.
Kedaulatan Negara RI bersatu
|
b. Kedaulatan Negara RI seperjuangan
|
c. Kedaulatan Negara RI serikat
|
d. Kedaulatan Negara RI dibawah
Belanda
|
55. Golongan
yang tidak mau bekerjasama dengan Belanda dinamakan golongan.
a.
non cooperator
|
c. Pemuda Indonesia
|
b. Cooperator
|
d. Lembaga Tinggi
|
56. Kongres
PGRI V di Bandung melahirkan PP 32 / 1950 yang berisi
a.
Penyesuaian Gaji Guru
|
b. Musyawarah mencapai mufakat
|
c. Keserasian beragam Kebudayaan
|
d. Penghargaan kepada Pelajar
Pejuang
|
57. Salah
satu momentum penting dalam kongres PGRI V di Bandung adalah..
a.
Menyambut Lustrum PGRI yang berusia 1 tahun
|
b. Tercapainya keadilan Nasional
|
c. Terpecah belahnya PGRI
|
d. Sukacita yang mendalam karena SGI
/ PGI meleburkan diri dalam PGRI
|
58. Asas
yang diterapkan dalam Organisasi PGRI yang merupakan Organisasi yang mandiri
disebut
a.
Unitaristik
|
c. Non Politik
|
b. Independen
|
d. Politik
|
59. Salah
satu usaha PGRI dalam upaya meningkatkan kemampuan profesi guru ialah..
a.
PGRI mengurangi konsolidasi organisasi sampai ke daerah
|
b. Membangkitkan kembali persatuan
dan semangat juang
|
c. Membatasi guru-guru di setiap
daerah
|
d. Merencanakan guru yang berwawasan
dan mendahulukan kepentingan sendiri
|
60. Upaya
yang dilakukan oleh pemerintah agar para guru-guru layak untuk mengajar dan
memiliki ijazah adalah
a.
Mendirikan sekolah dan kursus-kursus
|
b. Mendirikan Hotel yang mewah
|
c. Mendirikan sarana internet
|
d. Mendirikan Pondok Pesantren yang
mahal
|
61. Upaya
yang harus dilakukan dalam peningkatan profesionalisme guru di bidang
transformasi dan komunikasi ialah
a.
Meningkatkan kendaraan umum
|
b. Meningkatkan Ilmu Kebudayaan
|
c. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan dan
IPTEK
|
d. Meningkatkan Pembelajaran
|
62. Cara
yang dapat dilakukan dalam menghormati guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa
ialah..
a.
Mengenang namanya
|
b. Memberikan santunan uang dan
jaminan hidup
|
c. Belajar lebih giat, meneruskan
perjuangan guru dengan mengisi kemerdekaan
|
d. Memandang sebelah mata
|
63. PGRI
menyadari bahwa Pendidikan merupakan suatu pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Tanah Air merupakan bidang
a.
Politik
|
b. Ekonomi
|
c. Sosial
|
d. Pengabdian
|
64. Landasan
moral dan pedoman tingkah laku guru di Indonesia disebut
a.
Dasar Guru
|
c. Cita-cita Guru
|
b. Tujuan Guru
|
d. Kode Etik Guru
|
65. Salah
satu dasar didirikannya YPLP – PGRI adalah
a.
GBHN di bidang Pendidikan
|
b. Rakyat Indonesia merasa pandai
|
c. GBHN di bidang Ekonomi
|
d. Kebutuhan Rakyat Indonesia secara
individual
|
66. Makna
penting dari Reformasi ialah..
a.
Membentuk kembali Keadilan Bangsa
|
b. Upaya perubahan terhadap Sistem
tatanan yang kurang menjadi Sistem baru yang lebih baik
|
c. Merubah semangat rakyat Indonesia
|
d. Menuju awal hidup yang baru
|
67. Tujuan
reformasi adalah
a.
Menjadikan masyarakat yang individual
|
b. Tercapainya masyarakat yang
madani serta demokratis
|
c. Tercapainya masyarakat yang
modern
|
d. Menghilangkan masyarakat yang
bodoh
|
68. Secara
keseluruhan era globalisasi ditandai dengan..
a.
Suasana non kompetitif dalam segala bidang
|
b. Menghiraukan pandangan-pandangan
baru
|
c. Ketergantungan antar bangsa di
dunia
|
d. Mengutamakan olah pikir sendiri
|
69. Tantangan
yang bersumber dari adanya perubahan dalam kehidupan berbagai organisasi
sebagai konsekuensi dari perkembangan global dan nasional disebut
a.
Tantangan global
|
c. Tantangan organisasional
|
b. Tantangan
Nasional
|
d. Tantangan
Individual
|
70. PGRI
berkewajiban untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan melalui Pembangunan
Nasional yang merupakan dasar jatidiri PGRI meliputi
a.
Dasar Historis
|
c. Dasar Sosiologi dan IPTEK
|
b. Dasar Ideologis,
politis
|
d. Dasar Ekonomis
|
KUNCI JAWABAN
1.
A
2.
A
3.
C
4.
C
5.
A
6.
D
7.
B
8.
A
9.
C
10.
C
|
11.
B
12.
B
13.
D
14.
A
15.
A
16.
C
17.
B
18.
D
19.
D
20.
A
|
21.
B
22.
C
23.
C
24.
C
25.
D
26.
D
27.
C
28.
D
29.
A
30.
A
|
31.
C
32.
C
33.
D
34.
D
35.
A
36.
A
37.
B
38.
B
39.
C
40.
C
|
41.
D
42.
D
43.
A
44.
B
45.
B
46.
C
47.
C
48.
D
49.
A
50.
B
|
51.
B
52.
D
53.
C
54.
C
55.
A
56.
D
57.
D
58.
B
59.
B
60.
A
|
61.
C
62.
C
63.
D
64.
D
65.
A
66.
B
67.
B
68.
C
69.
C
70.
B
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar